Aswad Syam
Aswad Syam

Rabu, 24 November 2021 14:27

Suasana verifikasi faktual JOIN Jeneponto.
Suasana verifikasi faktual JOIN Jeneponto.

Verifikasi Faktual, Tim Kesbangpol Kunjungi Sekertariat JOIN Jeneponto

Kesbangpol Jeneponto mengunjungi sekretariat JOIN Jeneponto dalam rangka verifikasi faktual. Juga bersiap mengucurkan anggaran pembinaan untuk organisasi wartawan tersebut.

JENEPONTO, BUKAMATA - - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Jeneponto, mendapat kunjungan dari Tim Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jeneponto.

Tim Kesbangbol berkunjung ke Sekretariat JOIN Jeneponto, di BTN Empoang Permai, Jalan Sungai Kelara, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Rabu (24/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut, tim dipimpin oleh Kepala Kesbangpol Kabupaten Jeneponto Syarbini Mattewakkang, SP diterima langsung oleh Ketua DPD JOIN Jeneponto Arifuddin Lau dan seluruh jajarannya.

Selain Syarbini Mattewakkang, tampak pula Kabid Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya, Agama, Organisasi Kemasyarakatan (Ekosusbudagaromas) Syahrul Kalepu, dan Kasubid Ormas Roslina.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Jeneponto Syarbini Mattewakkang mengatakan, kunjungan ke sekretariat JOIN Jeneponto dalam rangka verifikasi faktual terhadap keberadaan JOIN Jeneponto, seperti verifikasi sekretariat dan kepengurusan serta administrasi pendukung lainnya.

Syarbini menjelaskan, verifikasi ini sesuai dengan Permendagri Nomor 57 Tahun 2017 tentang Pendaftaran dan Pengelolaan Sistem Informasi Organisasi Kemasyarakatan. Oleh karena itu, Kesbangpol melakukan verifikasi faktual sebagai salah satu skema pendataan organisasi. Di antaranya, JOIN Kabupaten Jeneponto.

Dia juga menambahkan, verifikasi tersebut berdasarkan laporan atau permohonan pendataan oleh organisasi tersebut yang ditujukan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Jeneponto.

"Oleh karena itu, verifikasi faktual ini sangat penting kita lakukan sebagai skema pendataaan organisasi," jelasnya.

Sebagai bentuk apresiasi pemerintah, kata Syarbini, pihaknya juga akan memberikan dana pembinaan atau dana hibah kepada JOIN Jeneponto sebagai bagian dari kemitraan.

"Jadi ini juga adalah bentuk pengawasan kepada organisasi kemasyarakatan termasuk JOIN Jeneponto dalam menjalankan organisasinya," pungkas Syarbini.

Sementara itu, Ketua JOIN Jeneponto Arifuddin Lau menyambut baik atas verifikasi faktual yang dilakukan tim Kesbangpol Jeneponto.

"Alhamdulillah, terima kasih atas kedatangan tim Kesbangpol Jeneponto, semoga verifikasi faktual ini dapat menjadi spirit bagi kepengurusan JOIN Jeneponto untuk lebih bangkit lagi dalam membangun kemitraan dengan pemerintah daerah Kabupaten Jeneponto," tuturnya.

Arifuddin menambahkan, sebagai wadah organisasi insan pers, JOIN Jeneponto selama ini telah melaksanakan sejumlah kegiatan diantaranya webinar bangkitkan ekonomi daerah, bakti sosial, dan aksi penanaman sejuta pohon yang merupakan binaan JOIN Jeneponto serta program kegiatan lainnya.

Penulis : Samsul
#JOIN Jeneponto