Muh. Taufik
Muh. Taufik

Sabtu, 06 November 2021 09:13

Jenderal TNI Andika Perkasa (INT)
Jenderal TNI Andika Perkasa (INT)

Jenderal Andika Perkasa Jalani Fit And Proper Test Sebagai Calon Panglima TNI di DPR Hari Ini

Proses uji kelayakan terhadap Andika akan digelar semi terbuka. Publik dapat menyaksikan selama Andika menyampaikan visi misinya. Namun, proses akan tertutup memasuki tahap pendalaman oleh Komisi I.

BUKAMATA - Komisi I DPR dijadwalkan akan menggelar fit and proper test calon Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa, Sabtu (6/11) hari ini.

Andika bakal menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto, yang pensiun bulan ini.

Sebelumnya rangkaian fit and proper test sudah mulai dilakukan hari ini, Jumat (5/11/2021).

"Verifikasi kelengkapan dokumen calon Panglima TNI dilakukan Jumat, 5 November pukul 11.00 oleh Pimpinan Komisi dan Kapoksi," kata Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, Kamis (4/11).

Meutya mengatakan sejumlah berkas administrasi calon Panglima TNI yang akan diverifikasi terdiri dari: Bukti Penyerahan Laporan Kekayaan Penyelenggara Negara ke KPK.

NPWP; SPT Pajak tahun terakhir; Daftar Riwayat Hidup; dan Surat Keterangan Berbadan Sehat. Kemudian fit and proper test calon Panglima TNI dilakukan Sabtu, (6/11) pukul 10.00 WIB. Di hari itu Panglima akan hadir secara fisik.

Andika dijadwalkan menjalani tes di Komisi I DPR sekitar pukul 10.00 WIB. Disusul Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) oleh internal Komisi I guna memutuskan hasil tes.

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PPP, Syaifullah Tamliha mengatakan proses uji kelayakan terhadap Andika akan digelar semi terbuka. Publik dapat menyaksikan selama Andika menyampaikan visi misinya. Namun, proses akan tertutup memasuki tahap pendalaman oleh Komisi I.

Tamliha berkata penyampaian visi misi oleh Andika akan memakan waktu sekitar 30 menit. Komisi I memperkirakan proses fit and proper test akan memakan waktu hingga 2,5 jam.

"Sekitar 30 menit itu yang semi terbukanya, ya kurang lebih masing masing fraksi 7 menit, kali 9, kemudian ada pendalaman lagi," kata Tamliha.

Tamliha menyebut pihaknya akan bertandang ke rumah Andika, Minggu (7/11), untuk proses verifikasi faktual. Menurutnya, Komisi I DPR akan memastikan kondisi rumah dengan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Politikus PPP itu menyebut rapat paripurna untuk memutuskan atau pengesahan Panglima TNI rencananya digelar pada Senin (8/8) atau bertepatan dengan hari pensiun Hadi.

Andika menjadi calon tunggal Panglima TNI yang diajukan Presiden Joko Widodo lewat Menteri Sekretaris Negara Pratikno Rabu (3/11) lalu. Menantu mantan Kepala BIN Hendropriyono itu akan menggantikan Hadi yang pensiun bulan ini.

#KSAD Jenderal Andika Perkasa #Presiden Joko Widodo