Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Rabu, 20 Oktober 2021 18:27

Ilustrasi
Ilustrasi

Gandeng TNI, BPBD Makassar Tingkatkan Kapasitas Personil

Adapun materi pelatihan, terkait penanganan pertama ketika ada korban yang mengalami luka atau butuh penanganan kesehatan. Misalnya di lokasi bencana belum ada nakes atau dinas sosial yang turun.

MAKASSAR, BUKAMATA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar menggandeng TNI dalam rangka penguatan atau peningkatan kapasitas personil. Khususnya dalam pelaksanaan pelatihan penanganan awal saat terjadi bencana.

"Bekerjasama dengan TNI, kami melakukan giat pelatihan selama empat hari," kata Kepala Pelaksana BPBD Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin, Rabu, 20 Oktober 2021.

Adapun materi pelatihan, lanjut Hendra, terkait penanganan pertama ketika ada korban yang mengalami luka atau butuh penanganan kesehatan. Misalnya di lokasi bencana belum ada nakes atau dinas sosial yang turun.

"Materi ini terkait bagaimana pola evakuasi yang kami lakukan, utamanya bagi ibu hamil dan anak-anak, mereka kelompok rentan," jelasnya.

Selanjutnya, pelatihan peningkatan disiplin bantuan hidup dasar. "Personil yang bertugas harus punya kapasitas. Karena itu, kami meningkatkan kapasitas personil kami dengan melaksanakan pelatihan, bekerjasama dengan TNI," pungkasnya. (*)

 

#BPBD Makassar #Antisipasi bencana #TNI #Achmad Hendra Hakamuddin