Aswad Syam
Aswad Syam

Rabu, 13 Oktober 2021 10:17

Pesawat Wings Air batal terbang.
Pesawat Wings Air batal terbang.

Penumpang Usil Tarik Tuas Pintu Darurat, Wings Air Batal Terbang

Pesawat Wings Air rute Lombok - Bima, batal terbang. Itu setelah seorang penumpang usil membuka tuas pintu darurat.

LOMBOK, BUKAMATA - Selasa, 12 Oktober 2021. Wings Air sudah di runway Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sudah hendak lepas landas menuju Bima.

Tiba-tiba, seorang penumpang usil. Dia menarik tuas pintu darurat pesawat dengan nomor penerbangan IW 1878 itu. Akibatnya, terjadi tekanan udara di dalam pesawat. Sehingga, pesawat yang sedianya akan mendarat di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu, memutuskan return to base atau tidak melanjutkan penerbangan.

Ada 62 penumpang yang gagal berangkat menuju Bima. Stakeholder Relation Manager Bandara Lombok, Arif Haryanto mengatakan, pihak Wings Air memutuskan untuk postponed atau menunda penerbangan dan calon penumpang diberangkatkan Rabu, 13 Oktober 2021 hari ini, pukul 11.00 Wita.

"Pihak Wings Air bertanggung jawab penuh terhadap semua penumpang. Para penumpang diinapkan di salah satu hotel yang berada di sekitar Bandara Bizam," jelas Arif.

Ada 51 calon penumpang diinapkan di hotel. Sisanya, 11 calon penumpang menginap di rumah masing-masing dan diberi uang transport.

Penundaan penerbangan pesawat tersebut, sempat diposting salah seorang penumpang di media sosial. Dia menceritakan pesawat Wings Air gagal melanjutkan perjalanan, karena ada seorang penumpang yang duduk di dekat pintu darurat iseng menarik tuas pintu darurat.

Pintu darurat kata penumpang tersebut sedikit terbuka, dan langsung mempengaruhi tekanan udara di dalam pesawat.

#Wings Air #Pesawat