Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Senin, 27 September 2021 11:52

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Dereta HP Android yang Tak Bisa Pakai Gmail hingga YouTube Mulai Hari Ini

Pengguna HP Android dengan sistem operasi versi 2.3.7 alias Gingerbread ke bawah tak bisa lagi menggunakan layanan Gmail hingga YouTube melalui aplikasi.

BUKAMATA - Google memutuskan menghentikan dukungan untuk sistem operasi Android lawas mulai hari ini, Senin (27/9/2021). Akibatnya, sejumlah handphone (HP) Android dilaporkan tak bisa lagi menggunakan layanan Gmail hingga YouTube melalui aplikasi.

Dalam situs resmi Google, dijelaskan bahwa pengguna HP Android dengan sistem operasi versi 2.3.7 alias Gingerbread ke bawah akan terdampak penghentian ini.

Mereka tak lagi diizinkan menggunakan sejumlah layanan Google, mulai dari Gmail, Google Play Store, Google Docs, Spreadsheet, Google Maps hingga YouTube melalui aplikasi.

"Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk menjaga keamanan pengguna, Google tidak akan lagi mengizinkan sign-in (masuk) di perangkat Android yang menjalankan Android 2.3.7 atau lebih rendah mulai 27 September 2021," kata perusahaan seperti dikutip Kumparan dari The Verge.

Menurut Google, jika ada pengguna yang tetap memakai perangkat dengan OS Android 2.3.7 setelah 27 September, mereka masih bisa memanfaatkan layanan Google lewat web browser, seperti Chrome. Sementara, pemilik HP Android 3.0 alias Honecomb ke atas masih bisa login ke akun Google dan memakai layanannya.

Konspirasi Google naikan penjualan HP?

Google menegaskan ini bukan langkah yang didalangi untuk mendorong penjualan HP yang terbaru di pasaran. Sebaliknya, ini karena untuk menjaga keamanan pengguna, pasalnya sistem operasi lawas, lebih rentan terhadap bug dan diserang hacker.

Usia sistem operasi Android Gingerbread 2.3.7 memang sudah terbilang tua. Google merilis OS versi tersebut hampir 10 tahun lalu. Meski begitu diperkirakan masih ada jutaan HP Android yang masih menjalankan sistem operasi Gingerbread 2.3.7.

Apa yang harus kamu lakukan jika punya salah satu perangkat Android dengan OS Gingerbread 2.3.7? Kamu harus segera meng-upgrade sistem operasi terbaru Android atau mengganti HP keluar terbaru dengan OS di atas versi Gingerbread 2.3.7.

Berikut adalah sejumlah HP Android yang masih menjalankan OS Gingerbread 2.3.7:

  1. Sony Xperia Advance
  2. Sony Xperia U
  3. Sony Xperia ion
  4. Sony Xperia Sola
  5. Sony Xperia S
  6. Sony Xperia P
  7. Sony Xperia Go
  8. Acer Liquid Z
  9. Acer Liquid Z Duo
  10. Lenovo K800
  11. Samsung Galaxy S
  12. Samsung Galaxy S2
  13. LG Optimus 3D Max
  14. LG Optimus Elite
  15. LG Spectrum
  16. LG Prada 3.0
  17. HTC Velocity 4G
  18. HTC Evo 4G
  19. Huawei Activa 4G
  20. Motorola Fire
  21. Motorola XT532

Apa yang dilakukan Google juga hampir sama dengan WhatsApp. Aplikasi pesan milik Facebook itu, juga sudah lama meninggalkan perangkat Android dan iPhone lawas. Kini, WhatsApp membatasi minimum sistem operasi yang bisa menjalankan aplikasinya adalah Android 4.1 ke atas dan iOS 10 ke atas.

#Android #handphone

Berita Populer