Wiwi
Wiwi

Sabtu, 28 Agustus 2021 14:39

Curah Hujan Tinggi, Patroli SAR Brimob Turun ke Desa Imbau Warga Waspada Banjir

Curah Hujan Tinggi, Patroli SAR Brimob Turun ke Desa Imbau Warga Waspada Banjir

Tingginya curah hujan yang terus menerus mengguyur sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan beberapa hari terakhir ini, membuat beberapa daerah tergenang banjir.

BONE, BUKAMATA – Tingginya curah hujan yang terus menerus mengguyur sejumlah  wilayah di Sulawesi Selatan beberapa hari terakhir ini, membuat beberapa daerah tergenang banjir.

Salah satu wilayah yang saat ini dikabarkan berpotensi banjir akibat curah hujan yang tinggi, yakni Kabupaten Bone.

Berdasarkan laporan warga yang diterima Bukamata, seluruh sungai di Kabupaten Bone telah meluap, sehingga membuat warga panik dan membutuhkan bantuan.

Menanggapi laporan warga, Tim SAR Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel langsung melakukan pantauan dengan berpatroli di lokasi-lokasi yang memiliki tingkat kerawanan tinggi terjadinya banjir seperti, Kecamatan Cina, Barebbo dan Sibulue.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan sebagai wujud respon cepat siaga penanganan bencana banjir ini, tim SAR Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel menyambangi beberapa rumah warga  yang telah terendam air setinggi kurang lebih 30 cm.

Hal tersebut dilakukan agar sewaktu - waktu  warga membutuhkan pertolongan untuk evakuasi mereka dapat segera menghubungi posko siaga SAR Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel yang siap melayani selama 24 jam penuh.

Selain menyambangi rumah warga yang telah tergenang banjir, tim SAR Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel juga melakukan koordinasi dengan Polsek dan tokoh masyarakat setempat untuk dilakukan pemetaan terhadap desa-desa yang berpotensi tinggi terdampak banjir akibat luapan air sungai agar memudahkan proses evakuasi warga manakala bencana terjadi.

Hal tersebut dijelaskan oleh Komandan Batalyon ( Danyon ) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan,S.Sos

" Seperti yang kita lihat bersama, beberapa hari ini Kabupaten Bone terus dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi. Untuk itu tadi pagi saya perintahkan kepada tim SAR untuk melakukan pemantauan langsung ke lokasi rawan banjir seperti di Kecamatan Barebbo dan Sibulue. Kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk respon cepat kami dalam hal penanganan bencana khususnya banjir di Kabupaten Bone. Kami juga akan menyiagakan personel sewaktu - waktu warga yang membutuhkan bantuan," ujar Kompol Nur Ichsan.

Komandan Brimob Bone ini juga menambahkan, selain Kabupaten Bone, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel juga terus memantau perkembangan situasi terkini di Kabupaten-kabupaten lain yang masuk wilayah back up Batalyon C Pelopor.

"Selain Kabupaten Bone, ada 3 kabupaten yang menjadi wilayah back up Batalyon C Pelopor yang juga memiliki tingkat kerawanan bencana banjir cukup tinggi diantaranya Kabupaten Wajo, Soppeng dan Sinjai. Ketiga wilayah tersebut tetap kami pantau perkembangan dan apabila dibutuhkan kami pun akan segera turun ke lokasi," tambah perwira berpangkat satu melati tersebut.

Terpisah Komandan Satuan ( Dansat ) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis,P.S.,S.I.K.,M.Si. menyebutkan, kegiatan patroli SAR pemantauan wilayah rawan bencana ini merupakan wujud nyata dari implementasi Bhakti Brimob Untuk Masyarakat.

" Tentunya kegiatan patroli SAR jajaran Satbrimob Polda Sulsel memantau wilayah-wilayah rawan bencana ini dilakukan sebagai bukti bahwa Brimob akan senantiasa hadir di tengah masyarakat untuk memberikan bantuan dan pertolongan apabila terjadi bencana. Dengan adanya hal ini kami berharap agar masyarakat tidak perlu ragu atau segan meminta bantuan dari kami apabila terjadi bencana di sekitar wilayahnya khususnya untuk proses evakuasi yang membutuhkan pertolongan segera," pungkas Kombes Pol. Muhammad Anis.

#Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel