Wiwi
Wiwi

Kamis, 05 Agustus 2021 10:41

Sebelum Terbang Gunakan Lion Air Group, Penumpang Wajib Penuhi Persyaratan Ini

Sebelum Terbang Gunakan Lion Air Group, Penumpang Wajib Penuhi Persyaratan Ini

Lion Air Group menetapkan persyaratan terbaru untuk penerbangan domestik selama masa waspada pandemi Covid-19.

BUKAMATA – Lion Air Group menetapkan persyaratan terbaru untuk penerbangan domestik selama masa waspada pandemi Covid-19.

Aturan ini berlaku 4 -9 Agustus 2021, seiring dengan adanya kategori penerapan PPKM Level 4-1 oleh pemerintah.

Adapun ketentuan ini berlaku pada maskapai Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID).

"Seluruh pelaksanaan operasional penerbangan Lion Air Group tetap mengutamakan faktor keselamatan, keamanan, kenyamanan serta dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan," ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan persnya, Rabu (4/8/2021).

Secara umum persyaratan penerbangan domestik adalah hanya diperbolehkan untuk penumpang usia di atas 12 tahun. Serta memiliki surat keterangan hasil tes negatif Covid-19 baik melalui RT-PCR maupaun rapid antigen.

Adapun pemeriksaan atau pengujian sampel Covid-19 harus dilakukan di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan, sehingga hasil tes akan masuk dalam data dan terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

Syarat lainnya yakni memiliki pula surat keterangan telah menerima vaksin minimal dosis pertama. Bila penumpang dalam kondisi tak bisa di vaksin harus menunjukkan surat keterangan medis dari dokter spesialis yang menyatakan sehat dan alasan detail tidak dapat di vaksin.

Penumpang pun diwajibkan mengisi data diri dan syarat penerbangan pada aplikasi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (electronic health alert card/eHAC) sebelum keberangkatan atau setelah tiba di bandara tujuan. Aplikasi ini dapat diunduh atau diakses pada laman https://inahac.kemkes.go.id/.

Pada wilayah yang sudah dapat mengakses aplikasi PeduliLindungi maka akan beralih dari aplikasi eHAC.

Aplikasi PeduliLindungi terintegrasi data hasil tes pemeriksaan Covid-19 dan data vaksinasi nasional. Adapun aplikasi ini dapat diunduh atau diakses pada laman https://pedulilindungi.id/.