Wiwi
Wiwi

Rabu, 21 Juli 2021 08:25

Potret manis Marshanda dan putrinya yang diunggah di Instagram beberapa waktu lalu.
Potret manis Marshanda dan putrinya yang diunggah di Instagram beberapa waktu lalu.

Idap Bipolar, Marshanda Kehilangan Hak Asuh Anak

Artis Marshanda tak pernah malu dengan penyakit yang diidapnya. Menurutnya, Bipolar bukanlah aib yang harus ditutupi, melainkan harus disampaikan ke semua orang sebagai motivasi untuk hidup lebih baik.

BUKAMATA – Artis Marshanda tak pernah malu dengan penyakit yang diidapnya. Menurutnya, Bipolar bukanlah aib yang harus ditutupi, melainkan harus disampaikan ke semua orang sebagai motivasi untuk hidup lebih baik. Hal tersebut, diungkapkan mantan istri Ben Kasyafani itu, melalui kanal YouTube TS Media, Rabu (21/7/ 2021).

Dikutip Bukamata dalam tayangan TS Media, Marshanda kembali membicarakan masa lalunya saat bercerai dengan pesinetron Ben Kasyafani pada tahun 2014 lalu.

Pada saat itu, Marshanda sebagai seorang ibu tidak memenangkan hak asuh anak dan hakim memutuskan hak asuh anak dimenangkan oleh Ben Kasyafani. Hak asuh anak yang dimenangkan oleh Ben Kasyafani itu bukan tanpa sebab. Alasan hakim tidak memberikan hak asuh anak kepada dirinya lantaran ia mengidap penyakit bipolar.

Saat itu, Marshanda mengaku sulit menerima dengan keputusan hakim, tetapi ia mencoba memahami lantaran kemungkinan tidak semua orang tahu mengenai penyakit bipolar yang dia alami.

“Itu sulit diterima tapi mungkin enggak semua orang begitu mengerti, di tahun 2014 itu kan proses perceraian. Enggak banyak yang ngerti soal mental health issues,” kata Marshanda.

Sehingga, karena kurangnya pengetahuan terhadap hakim mengenai penyakit bipolar, Marshanda pun tidak memenangkan hak asuh anak saat itu.

Menurutnya, saat itu hakim menganggap bahwa apabila seorang ibu mengidap bipolar maka dia tidak akan bisa mengurus anak.

“Jadi si hakimnya itu berpikir kalau seorang ibu punya bipolar disorder dia enggak akan bisa ngurus anak. Itulah alasannya mengapa aku kehilangan hak asuh,” ucapnya.

Padahal, menurut Caca sapaan akrab Marshanda, ia didiagnosa mengidap bipolar itu sejak tahun 2009, yang artinya ketika menikah dengan Ben Kasyafani pun ia sudah mengidap penyakit tersebut.

“Aku nikah 2011, cerai 2014. Jadi, sebenarnya kan udah ada trek record-nya dari aku bekerja, sekolah, kuliah, sampai ngurus anak. Tapi ya mungkin hakim enggak educated itu tentang mental illness, sampai ia berpikir kalau akan berisiko apabila mengurus anak,” ucapnya.

Kendati demikian, Marshanda tidak memutuskan untuk naik banding saat itu karena ia tidak terlalu menyukai proses perceraian yang seperti ingin berperang.

“Aku enggak suka banget kayak pengacara aku tuh ngejelek-jelekin Ben terus pengacara Ben ngejelek-jelekkin aku, terus aku suka berpikir kenapa gue harus ngejelek-jelekkin dia,” ujarnya.

Padahal, memang sebelum bercerai pun ia sudah menerima semua kejelekkan yang ada pada diri Ben Kasyafani. Sehingga, Marshanda pun pasrah dengan keputusan hakim yang tidak memenangkan dirinya dalam perebutan hak asuh anak kala itu.