Redaksi
Redaksi

Senin, 24 Mei 2021 07:00

Ilustrasi
Ilustrasi

Pentingnya Minum Air Putih di Pagi Hari, Berikut Manfaatnya

Apabila kebutuhan air tidak terpenuhi, maka tubuh akan menanggung sejumlah konsekuensi kesehatan jangka pendek maupun jangka panjang yang merugikan.

BUKAMATA - Mungkin kamu sering mendengar anjuran untuk minum air putih delapan gelas atau setara dengan dua liter per harinya. Minumnya pun dianjurkan berkala, mulai dari bangun tidur hingga akan tidur lagi. Kita bicarakan soal air putih ya, bukan air apapun, jadi boba kamu tidak terhitung dalam anjuran minum air putih minimal dalam sehari.

Balik lagi membicarakan soal kebiasaan minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur. Sayang banget buat kamu yang sering melewatkan minum air putih selepas bangun tidur. Karena manfaatnya ternyata banyak banget. Ini beberapa di antaranya!

1. Menurunkan berat badan
Beberapa orang percaya bahwa minum air di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah studi pada 2010 menemukan bahwa orang dewasa paruh baya dan lebih tua, berat badannya menurun ketika mereka minum 500 ml air sebelum makan termasuk sarapan selama 12 minggu.

Seperti dilansir Medical News Today, sebagian peneliti menghubungkan penurunan berat badan ini dengan penurunan asupan energi dari makanan di antara peserta yang minum air. Ini berarti mereka makan lebih sedikit daripada orang yang tidak minum air sebelum makan.

2. Detoksifikasi tubuh lebih cepat Malam hari adalah waktu terbaik bagi tubuh untuk mengeluarkan racun. Sementara air putih yang Anda minum selepas bangun tidur atau dalam kondisi perut kososng, akan membantu pembersihan racun yang tersisa. Selain itu, produksi sel darah baru dan sel otot akan ikut meningkat dengan konsumsi banyak air putih.

3. Meningkatkan mood
Minum air juga memiliki efek positif pada suasana hati seseorang.

Sebuah studi pada 2014 menemukan bahwa orang yang biasanya minum air dalam volume rendah memiliki suasana hati yang lebih baik ketika mereka meningkatkan asupan air.

Penelitian yang sama menemukan bahwa ketika individu - yang biasanya minum air dalam jumlah banyak - mengurangi asupan air mereka, biasanya mengalami lebih banyak rasa haus, penurunan ketenangan dan emosi positif.

Sebuah studi pada 2019 juga menemukan bahwa dehidrasi berdampak negatif pada suasana hati, sementara rehidrasi memperbaiki suasana hati dan gejala kelelahan.

Dengan pemikiran ini, seseorang mungkin ingin minum air sepanjang hari untuk mengalami efek positif yang berkepanjangan pada suasana hati mereka.

4. Baik untuk kulit
Beberapa orang percaya bahwa peningkatan asupan cairan dapat meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit.

Kulit mengandung sekitar 30 air, yang membantu kulit meningkatkan elastisitas dan kekenyalannya.

Sebuah studi pada 2015 menemukan bahwa peningkatan asupan air mungkin berdampak positif pada fisiologi kulit - tampak lebih terhidrasi, terutama pada peserta yang biasanya minum lebih sedikit air.

5. Meningkatkan kinerja mental
Air dapat berdampak pada kognisi dan kinerja mental - bahkan dehidrasi kecil dapat memiliki efek buruk pada kognisi, menurut sebuah studi pada 2016.

Sebuah review pada 2019 melihat efek hidrasi pada kinerja kognitif. Ditemukan bahwa ada tren peningkatan kinerja mental pada peserta studi yang terhidrasi. Namun, para peneliti mencatat bahwa hasilnya tidak signifikan secara statistik.

Selain itu, peserta dalam penelitian ini minum air sepanjang hari. Ini mungkin menunjukkan bahwa hidrasi sepanjang hari mungkin diperlukan untuk kinerja mental yang lebih baik daripada hanya minum air di pagi hari.

Oleh karena itu, jika seseorang ingin meningkatkan kinerja mentalnya, khususnya di pagi hari, minum air putih dapat membantu.

#Minum air putih #Info Kesehatan