Redaksi
Redaksi

Sabtu, 27 Maret 2021 08:39

Menteri Pertanian dalam Kabinet Kerja 2014–2019 Andi Amran Sulaiman
Menteri Pertanian dalam Kabinet Kerja 2014–2019 Andi Amran Sulaiman

Dihadapan Para Media Siber Indonesia, Amran Sulaiman Bicara Soal Optimisme Membangun Negeri

karena optimisme kuat yang dimiliki sosok pria dikenal pribadi yang jujur dan cerdas ini akhirnya sukses membangun gedung megah yaitu AAS Building.

MAKASSAR, BUKAMATA- Menteri Pertanian dalam Kabinet Kerja 2014–2019 Andi Amran Sulaiman menjadi pembicara pada acara seminar dan rapat kerja organisasi media siber terbesar di Indonesia, dihadiri para awak media online dan cetak Andi Amran bicara soal optimisme membangun negeri dari daerah untuk Indonesia.

Acara yang diselenggarakan oleh Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Selatan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan bertempat di Hotel Claro, Jumat 26 Maret 2021.

Pengusaha sukses asal Sulsel ini memulai dialog yang bertemakan "Membangun Optimisme Indonesia dari Daerah" dengan bercerita perjalanan hidupnya semasa menempuh pendidikan dari S1, S2 dan S3 di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Lulusan Doktor Ilmu Pertanian di Unhas ini juga menceritakan perjuangan kariernya 12 tahun lalu. Saat dirinya menjalankan sebuah bisnis dibidang pertanian di tempat sederhana dengan modal terbatas.

Dari situ, karena optimisme kuat yang dimiliki sosok pria dikenal pribadi yang jujur dan cerdas ini akhirnya sukses membangun gedung megah yaitu AAS Building. AAS Building ini akronim dari nama Andi Amran Sulaiman.

"Ini semua hasil dari optimisme," kata pria kelahiran 27 April 1968 di Bone yang pernah menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan di Bidang Wirausaha Pertanian dari Presiden RI pada tahun 2007 dan Penghargaan FKPTPI Award tahun 2011 di Bali.

Oleh karenanya, Amran Sulaiman meyakini Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara lainnya dengan kekuatan optimisme. Apa lagi Indonesia kaya dengan sumber daya alamnya, kuat sumberdaya manusianya.

Dia mencontohkan negara-negara lain, seperti Thailand, Jerman, Jepang, Korea Selatan yang sumberdayanya sangat terbatas tapi mampu membangun negaranya karena optimismenya yang kuat.

Menurutnya optimisme itu dibangun dan dimulai dari diri pribadi sebelum akhirnya dari daerah untuk negeri. Seperti halnya yang dilakukan olehnya di perusahaan yang dipimpinnya, AAS Building.

"Saya hanya punya pegawai 50 (orang), dan tahun ini saya target (pendapatan) Rp 4 Triliun. Pegawai saya semuanya biasa-biasa, tapi saya tidak pernah beri ruang orang pesemis masuk di AAS Building," tegasnya.

Direktur dan Founder PT Tiran Group ini mengatakan untuk menjadi orang optimisme yang sukses maka jangan pernah mengeluh setiap diperhadapkan oleh masalah. Karena menurutnya mengeluh adalah kegagalan.

"Kalau ada manusia selalu mengeluh pasti gagal," pungkas Amran Sulaiman, tokoh dari Indonesia Timur yang ramai diperbincangkan akan maju Pilpres 2024.

#Andi Amran Sulaiman #SMSI Sulsel