Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Kamis, 21 Januari 2021 17:26

KIRIM BANTUAN. Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) bersama alumninya ikut turun tangan dalam aksi kemanusiaan untuk korban bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).
KIRIM BANTUAN. Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) bersama alumninya ikut turun tangan dalam aksi kemanusiaan untuk korban bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Fakultas Hukum Unhas Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Sulbar

Delapan mahasiswa dari Tim Relawan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Unhas akan berangkat menuju Majene dan Mamuju, membawa bantuan logistik. Berupa perlengkapan bayi dan ibu hamil dan/atau menyusui, pakaian dalam, bahan makanan, obat-obatan, dan juga perlengkapan yang masih sangat dibutuhkan di lokasi pengungsian seperti tenda, terpal, dan selimut.

MAKASSAR, BUKAMATA - Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) bersama alumninya ikut turun tangan dalam aksi kemanusiaan untuk korban bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Mereka menyalurkan kebutuhan logistik yang sebelumnya telah dihimpun melalui open donation, Fakultas Hukum menjangkau secara langsung masyarakat terdampak.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan yang juga Alumni Fakultas Hukum Unhas, Dr Muh Hasrul SH MH, mengatakan, delapan mahasiswa dari Tim Relawan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Unhas akan berangkat menuju Majene dan Mamuju, membawa bantuan logistik. Bantuan logistik berupa perlengkapan bayi dan ibu hamil dan/atau menyusui, pakaian dalam, bahan makanan, obat-obatan, dan juga perlengkapan yang masih sangat dibutuhkan di lokasi pengungsian seperti tenda, terpal, dan selimut.

"Mengingat musibah ini terjadi di masa pandemi Covid-19, Fakultas Hukum juga memberikan masker dalam paket bantuan yang dikirimkan ke lokasi pengungsian," ujarnya, Kamis, 21 Januari 2021.

Ia menuturkan, tim relawan yang berangkat ini sudah terhubung dengan beberapa mahasiswa dan alumni di lokasi kejadian. Sehingga nantinya, bantuan logistik yang dibawa oleh tim akan disalurkan secara langsung kepada masyarakat terdampak.

"Donasi ini merupakan bentuk kepedulian dan kemanusiaan civitas akademika Fakultas Hukum Unhas terhadap mahasiswa mereka yang juga menjadi korban bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat," ungkapnya.

Menurut Dr Hasrul, salah satu korban merupakan mahasiswa baru Fakultas Hukum Unhas Angkatan 2020 yang hingga saat ini masih belum mengikuti proses pembelajaran secara langsung dan fisik di Unhas. Aksi kemanusiaan ini sebagai wujud hadirnya Fakultas Hukum untuk mahasiswanya.

Sementara, Prof Dr Farida Patittingi SH MHum selaku Dekan Fakultas Hukum Unhas, sangat mendukung aksi kemanusiaan ini. Hal ini merupakan perwujudan dari humaniversity, dan Fakultas Hukum Unhas tidak lepas dari bagian peran ini.

"Apapun yang bisa dilakukan untuk aksi kemanusiaan, maka akan dijalankan. Aksi kemanusiaan pun tidak hanya dilakukan pada saat bencana alam seperti ini, tetapi juga selalu berusaha untuk hadir saat dibutuhkan," tuturnya.

Ia berharap, melalui donasi Civitas Akademika dan alumni ini dapat meringankan beban korban bencana. Meskipun sedikit, akan tetapi ini menjadi bagian dari bentuk kemanusiaan kita.

"Semoga saudara-saudara kita disana bisa segera pulih dan bangkit," harap Prof Farida. (*)

#Unhas #Bantuan korban gempa Sulbar