Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Selasa, 22 Desember 2020 21:21

Ilustrasi/Muh Fadly.
Ilustrasi/Muh Fadly.

Blunder Terawan Berujung Dicopot dari Jabatan Menkes

Jokowi menunjuk Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya menjabat wakil menteri Badan Usaha Milik Negara untuk menggantikan Terawan.

BUKAMATA - Presiden Joko Widodo mencopot Terawan Agus Putranto dari kursi Menteri Kesehatan RI.

Jokowi kemudian menunjuk Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya menjabat wakil menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN) untuk menggantikan Terawan.

"Bapak Budi Gunadi Sadikin. Beliau sebelumnya Dirut Bank Mandiri, kemudian Dirut PT Asahan Alumunium, terakhir jadi Wamen BUMN," kata Jokowi di Istana Merdeka, Selasa (22/12/2020).

Diketahui, penggantian Menteri Kesehatan memang santer terdengar sejak isu reshuffle atau perombakan Kabinet Jokowi-Mak'ruf mencuat.

Berbagai pengamat menilai, sosok Terawan Agus Putranto memang layak untuk digantikan. Hal itu lantaran kinerjanya sebagai Menteri Kesehatan yang sangat vital di masa pandemi Covid-19 ini, tidak memuaskan.

Terlebih, sejak awal sosoknya kerap kali menuai kontroversi terkait penanganan pandemi Covid-19. Terawan pun dinilai sangat jarang tampil di hadapan publik untuk menjelaskan penanganan pandemi Covid-19.

Pengamat kebijakan Publik Agus Pambagio menilai wajar jika Terawan sulit muncul ke publik. Hal itu lantaran sejak awal pandemi Covid-19, Terawan sering membuat pernyataan yang memicu kontroversi.

Seperti saat Terawan menyebut, orang Indonesia tidak akan tertular Covid-19.

"Sampai sekian lama ya Menkes tidak muncul, sebab komentarnya tidak friendly dan tidak memberi kejelasan kepada masyarakat," tutur Agus

Di awal pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia pada Maret 2020, Terawan beberapa kali melakukan blunder dan salah ucap dalam menyampaikan informasi terkait virus tersebut.

Hingga akhirnya, Terawan dilarang berbicara ke publik dan digantikan oleh bawahannya Achmad Yurianto yang merupakan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Dari situ, Terawan perlahan-lahan mulai jarang tampil di hadapan publik.

Berikut pernyataan blunder Terawan:

1. Terawan imbau masyarakat enjoy hadapi Covid-19
2. Bersyukur Covid-19 tak terdeteksi dan kekuatan doa
3. Misinformasi soal pasien 1 dan 2
4. Penyakit Covid-19 bisa sembuh dengan sendirinya
5. Corona tidak menakutkan

#Terawan Agus Putranto

Berita Populer