Aswad Syam
Aswad Syam

Sabtu, 21 November 2020 12:21

Habib Rizieq Shihab
Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Hendak ke Makassar, Polisi Tegaskan Takkan Ada Izin

Habib Rizieq Shihab rencana akan ke Makassar. Dalam rangka safari dakwah keliling Indonesia. Namun Polrestabes Makassar menegaskan, tidak akan ada izin.

MAKASSAR, BUKAMATA - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab, akan melakukan safari dakwah. Rencananya keliling Indonesia. Salah satu titiknya, Makassar.

Itu diungkap Dewan Syuro FPI Sulsel Abu Thoriq. Namun menurut Abu Thoriq, kemungkinan kunjungan itu belum pada 2020 ini. Pasalnya kata dia, Jawa saja belum kelar.

"Yang jelas targetnya itu akan keliling Indonesia, sambil membaca suasana kan. Sementara data-data rencana mulai Jawa Barat sampai Jawa Timur sudah disusun sama tema-teman. Itu aja masih dalam kondisi seperti ini sambil membaca suasana. Untuk tahap awal Jawa Barat, Jawa Timur, dan luar Jawa, termasuk Makassar," ungkapnya.

Hanya saja soal "membaca suasana" yang dimaksud, Abu Thoriq tidak merinci lebih jauh.

Terkait rencana itu, Polrestabes Makassar menegaskan, pihaknya tidak akan memberikan izin kepada Habib Rizieq. Pertimbangannya, kesehatan. Juga keamanan. Witnu menilai, sebaran Covid-19 masih tinggi di Sulsel, khususnya di Makassar yang masih menjadi episentrum.

"Tidak ada izin, karena akan berdampak pada kesehatan dan keamanan," tegas Kapolrestabes Makassar, Kombes Witnu Urip Laksana.

Menurut Witnu, diprediksi akan terjadi kerumunan dan pelanggaran terhadap protokol kesehatan dalam safari dakwah itu. Sedangkan keselamatan masyarakat lanjut Witnu, menjadi hukum yang tertinggi di masa pandemi saat ini. Belum lagi mempertimbangkan aspek keamanan, terkait kemungkinan akan ada penolakan dari warga Makassar. Sehingga, berpotensi menimbulkan konflik.

"Saya akan lakukan penegakan hukum yang tegas bagi siapa pun yang mengganggu keselamatan jiwa masyarakat Kota Makassar, dengan didahului tindakan pencegahan yang keras bagi yang melanggar protokol kesehatan," tegas Witnu.

#Rizieq Shihab

Berita Populer