Aswad Syam
Aswad Syam

Sabtu, 17 Oktober 2020 15:12

Yahoo
Yahoo

Tutup 15 Desember 2020, Ini Sejarah Yahoo Group

Pada Rabu, 15 Desember 2020 mendatang, layanan mailing list Yahoo Group resmi akan ditutup. Hari itu jadi hari akhir perjalanan layanan email berkelompok yang telah berusia hampir 20 tahun itu.

BUKAMATA -- Yahoo Group dibeli oleh Verizon pada 2017 lalu. Verizon kemudian memutuskan untuk menutup Yahoo Group, melalui pengumuman lewat email kepada para pengguna Yahoo Group dan lewat situs web Yahoo.

Verizon, tidak pernah memiliki rencana untuk menghidupkan kembali layanan tersebut. Perusahaan beralasan, penutupan dilakukan akibat penurunan penggunaan yang stabil selama beberapa tahun terakhir.

Secara bertahap Verizon mulai menghentikan Yahoo Group pada tahun lalu. Proses dua tahap awal diumumkan pada Oktober 2019.

Pada saat itu, Verizon mengumumkan bahwa pengguna tidak lagi dapat membuat konten baru (diskusi) ke situs setelah 21 Oktober. Perusahaan berencana untuk menghapus secara permanen semua konten pengguna sebelumnya pada 14 Desember 2019. Secara misterius, Verizon juga tidak mengizinkan pengguna untuk mengarsipkan diskusi mereka sebelumnya.

Meskipun langkah-langkah Verizon sejak 2019 memungkinkan situs web Grup Yahoo tetap aktif, situs itu tidak pernah sama.

Saat itu, pengguna tak lagi bisa menambah diskusi baru di forum Yahoo. Tapi, mereka masih bisa membuat grup baru dan mengirim email massal dengan semua anggota sekaligus.

Dengan dua keputusannya, Verizon secara efektif mengubah Grup Yahoo dari papan diskusi menjadi email. Pengumuman terakhir penutupan datang pada 13 Oktober 2020 lalu. Dilansir dari ZDNet, sejak 13 Oktober itu pengguna Yahoo Group bahkan tidak dapat membuat grup baru. Hanya fungsi email yang akan dibiarkan aktif.

Sejarah Yahoo

Dilansir dari Wikipedia, pada awalnya, Yahoo! hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku). Ide itu berawal pada April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan, ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik tersebut, hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subjek.

Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.

Pada April 1994 tersebut, bookmark yang tadinya diberi nama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” diganti menjadi Yahoo!, yang mana berasal dari kata “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Filo dan Yang memilih kata tersbeut karena mereka menyukai definisi umum dari kata-kata tersebut, yang mana berasal dari Gulliver’s Travels oleh Jonathan Swift: “rude –kuat-, unsophisticated -sederhana-, dan uncouth –kasar-)

Domain yahoo.com dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum.

Seperti kebanyakan mesin pencari pada web, Yahoo pun diversifikasi menjadi portal web. Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan yang sangat pesat. Masing-masing portal web berlomba memperluas jangkauan layanan mereka, agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan.

Pada Juli 2012, Yahoo mendapatkan seorang CEO baru. Dia bekas salah satu petinggi perusahaan saingan mereka, Google. Namanya, Marissa Mayer.

Pada 8 Maret 1997, Yahoo mengakuisisi perusahaan komunikasi online Four11. Layanan webmail yang dimiliki oleh Four11, Rocketmail, diubah nama menjadi Yahoo! Mail. Yahoo juga mengakuisi ClassicGames.com dan mengubahnya menjadi Yahoo! Games pada tanggal 13 Maret 1998.

Pada 8 Maret 1998, Yahoo meluncurkan Yahoo Pager, layanan pesan instan yang kemudian berubah nama menjadi Yahoo! Messenger setahun kemudian. Pada tanggal 28 Januari 1999, Yahoo mengakuisisi penyedia web hosting GeoCities. Perusahaan lain yang diakuisisi oleh Yahoo adalah eGroups, yang kemudian menjadi Yahoo! Groups. Akuisisi perusahaan ini terjadi pada 28 Juni 2000.

Kemudian, untuk meningkatkan layanan pencariannya, Yahoo mengakuisi mesin pencari lainnya pada tahun 2002-an. Pada Desember 2002, Yahoo mengakuisisi Inktomi Corporation. Pada Februari 2005, Yahoo mengakuisi Konfabulator dan mengganti namanya menjadi Yahoo! Widgets, sebuah aplikasi desktop. Pada Juli 2003, Yahoo mengakuisi Overture Services. Inc dan anak perusahaan AltaVista dan AlltheWeb. Pada 9 Juli 2004, Yahoo mengakuisisi penyedia layanan surat elektronik (email) Oddpost untuk menambah kemampuan Ajax pada Yahoo! Mail yang sudah ada.

Yahoo juga melakukan akuisisi untuk meningkatkan layanannya pada layanan Web 2.0. Yahoo! Launchcast menjadi Yahoo! Music pada 9 Februari 2005. Pada 20 Maret 2005, Yahoo membeli layanan berbagi foto, Flickr. Pada 29 Maret 2005, perusahaan ini meluncurkan layanan blogging dan jaringan sosial Yahoo! 360°. Pada Juni 2005, Yahoo mengakuisisi blo.gs, layanan berdasarkan agregasi RSS feed. Yahoo! kemudian membeli kalender acara sosial online Upcoming.org pada 4 Oktober 2005. Yahoo juga mengakuisisi del.icio.us pada 9 Oktober 2005 dan kemudian toko musik online Webjay pada 9 Januari 2006 yang akhirnya menjadi Yahoo! Music.

Pada 17 Januari 2006, Yahoo mengakuisisi SearchFox, sebuah web mesin pencari, untuk menyempurnakan Yahoo! Search. Pada 27 September 2006, Yahoo mengakuisisi Jumpcut.com dan mengubahnya menjadi Yahoo! Video. Kemudian, pada 17 November 2006, Kenet Works pun diakusisi oleh Yahoo untuk membuat Yahoo! Mobile. Pada 29 April 2007, Yahoo mengakusisi Right Media sebuah penyedia jasa link bisnis iklan online, yang kemudian berganti nama menjadi Yahoo! Search Marketing.

Pada 14 September 2007, BuzzTracker pun diakusisi demi menciptakan Yahoo! News. Belum puas dengan layanannya, Yahoo mengakuisi Maven Networks dan Xoopit, masing-masing untuk meningkatkan pelayanan Yahoo! Video dan Yahoo! Mail. Koprol, sebuah jejaring sosial asli Indonesia pun tidak luput dari perhatian Yahoo. Pada 25 Mei 2010, Koprol diakuisisi oleh Yahoo.

#Yahoo