Ibnu Kasir
Ibnu Kasir

Minggu, 23 Agustus 2020 09:23

8 Cara Mengatasi Akun yang Diretas

8 Cara Mengatasi Akun yang Diretas

Hal pertama yang dilakukan peretas adalah mengubah kata sandi, mengunci korban, dan mendapatkan kendali penuh atas akun yang telah dicuri.

BUKAMATA - Salah satu bahaya yang mengancam di ranah internet adalah peretasan akun. Dalam banyak kasus, para pengguna pertama kali mengetahui bahwa mereka telah diretas karena tidak dapat masuk ke dalam akun.

Itu disebabkan, hal pertama yang dilakukan peretas adalah mengubah kata sandi, mengunci korban, dan mendapatkan kendali penuh atas akun yang telah dicuri.

Jika hal tersebut terjadi, masih ada banyak cara yang bisa dilakukan. Berikut beberapa tips dari Kaspersky untuk mengatasi akun yang diretas.

1. Menyetel ulang kata sandi

Jika kamu bertindak dengan cepat, peretas mungkin belum memiliki banyak waktu untuk melepaskan email dari akun kamu. Oleh sebab itu, segera ubah kata sandi kamu.

2. Beritahu orang-orang

Komunikasikan kepada seluruh rekan dan orang-orang yang terhubung dengan kamu, seperti memberitahu mereka tentang akun yang diretas melalui pesan di jejaring sosial.

Jika orang mengetahui bahwa akun diretas, mereka cenderung tidak akan tertipu jika peretas mulai mengirim permintaan atas nama kamu. Seperti permintaan uang tunai atas keadaan darurat, karena skema ini kerap terjadi.

3. Hubungi bank atau layanan keuangan

Hal ini harus dilakukan jika peretas telah meretas akun di sistem pembayaran, atau akun yang menyimpan data perbankan seperti kartu kredit yang kamu miliki.

4. Pakai Antivirus

Kamu bisa memindai komputer menggunakan perangkat lunak antivirus. Hal ini untuk memastikan bahwa komputer bebas dari malware yang dapat digunakan mencuri kata sandi akun.

5. Ingat daftar layanan yang terhubung dengan akun

Kamu juga harus membuat daftar layanan terpenting terkait dengan akun yang diretas.

Ingat kembali seluruh layanan yang kamu masuki menggunakan akun tersebut.

6. Coba masuk ke akun

Cobalah masuk ke layanan tersebut, dan putuskan tautannya dari akun yang telah diretas.

7. Ubah kata sandi layanan internet

Ubah kata sandi untuk akun terkait, serta seluruh layanan yang menggunakan kata sandi sama seperti akun yang diretas.

Sebaiknya kamu juga mengubah pertanyaan keamanan untuk layanan lainnya jika pertanyaan tersebut juga digunakan pada akun yang diretas. Lebih baik lagi, kamu juga harus menyiapkan otentikasi dua faktor.

8. Hubungi layanan yang digunakan

Hubungi dukungan layanan dari akun terkait, misalnya Facebook, Google, Instagram, dan Twitter, lalu coba pulihkan akses ke akun yang terpengaruh.