Aswad Syam
Aswad Syam

Kamis, 30 Juli 2020 11:10

Sapi kurban
Sapi kurban

Begini Trik Merobohkan Hewan Kurban Tanpa Menyakiti

Menyembelih hewan kurban harus dilakukan tanpa menyakiti. Begini triknya.

BUKAMATA - Iduladha akan berlangsung besok, Jumat, 31 Juli 2020. Hewan-hewan kurban akan disembelih. Namun, tak banyak yang tahu trik merobohkan hewan kurban untuk memudahkan penyembelihan.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Brebes, drh Ismu Subroto membagi triknya. Menurutnya, sapi kurban seberat hingga 1 ton bisa direbahkan hanya dengan seutas tali oleh satu orang. Teknik menjatuhkan sapi ini kata dia, disebut Burlay.

"Teknik ini sangat mudah tanpa harus menyakiti. Sapi akan jatuh tanpa harus sakit. Petugas kami akan keliling tempat pemotongan seperti di masjid-masjid untuk memberikan pengetahuan pada para panitia kurban," ujar Ismu Subroto, Kamis, 30 Juli 2020.

Ismu menilai, tidak banyak yang tahu cara merobohkan sapi untuk penyembelihan kurban saat akan dipotong atau disembelih. Sehingga, lanjut Ismu, tidak jarang hewan kurban tersiksa karena ikatan tali pada kaki dan terbanting saat direbahkan.

Teknik ini, jelas Ismu, hanya menggunakan tali sepanjang minimal 10 meter. Caranya yakni dengan melilitkan tali simpul pada badan sapi.

Pertama, tali dilingkarkan pada leher dan kemudian menyilang dua kali pada badan hewan, masing-masing pada bagian pangkal kaki depan dan belakang. Setelah itu, kata Ismu, tali ditarik dan sapi akan langsung jatuh.

Ismu menjelaskan, keunggulan menjatuhkan sapi cara ini ialah bisa dilakukan hanya dengan satu orang saja. Selain itu cara ini tidak akan menyakiti sapi, karena sapi jatuh secara perlahan. Setelah jatuh, kaki sapi diikat dan siap untuk dipotong.

"Hanya menggunakan seutas tali minimal 10 meter. Kelebihannya tidak perlu banyak orang, cukup satu orang pun bisa jatuh sapinya," ungkap Ismu.

#Hewan Kurban