Aswad Syam
Aswad Syam

Rabu, 20 Mei 2020 09:49

Pelajar yang plesetkan doa ditetapkan tersangka.
Pelajar yang plesetkan doa ditetapkan tersangka.

Selipkan Kata "Open BO" di Plesetan Doa Buka Puasa, Siswi di Makassar Diselidiki Prostitusi

IS dan dua temannya jadi tersangka. Mereka memplesetkan doa buka puasa.

MAKASSAR, BUKAMATA - IS (16) dan 2 rekannya, NU (14), dan SE (15), tiga pelajar di Makassar, Sulsel, ditetapkan sebagai tersangka. Itu setelah videonya viral mempelesetkan doa buka puasa.

Di video itu, IS menyebut kata yang mengacu ke hubungan suami istri dalam bahasa Makassar. Di akhir pelesetan doa, IS juga menyebut kata "Open BO". Istilah ini biasa digunakan dalam dunia prostitusi.

Karenanya, polisi pun menelusuri rekam jejak medsos maupun keseharian tiga pelajar cewek itu. Namun, polisi memastikan, mereka tak pernah terlibat prostitusi.

Kanit PPA Polrestabes Makassar Iptu Ismail membenarkan, sejumlah kata tak senonoh yang diselipkan ke dalam bacaan doa buka puasa memang bisa dikatakan sebagai istilah prostitusi. Tapi setelah diselidiki, istilah prostitusi itu hanya sekadar diucapkan tersangka saja dan IS tidak pernah terlibat ke dalam dunia prostitusi online.

"Ide IS sendiri (menyelipkan kata-kata tak senonoh), dan dia masih status pelajar, tidak berkaitan dengan dunia prostitusi online," ujar Ipda Ismail, Rabu (20/5/2020).

Ismail tidak mengetahui darimana IS mendapatkan referensi istilah prostitusi yang kemudian dia selipkan ke dalam bacaan doa buka puasa tersebut.

"Motifnya hanya main-main dan tidak menyangka bahwa akan menjadi viral," terang Ismail.

IS sebagai orang atau tersangka yang mempelesetkan doa buka puasa itu telah meminta maaf dan menyatakan diri menyesali perbuatannya. Namun ia tetap diproses secara hukum.

"Saya IS umur 16 tahun meminta maaf yang sebesar-besarnya atas video saya yang tanpa maksud apa pun dan tanpa sepengetahuan saya telah viral," ujar IS dalam sebuah video permintaan maaf, seperti dilihat pada Selasa (19/5/2020).

"Sekali lagi dengan rasa bersalah besar saya meminta maaf kepada seluruh umat muslim di mana pun berada dan saya berjanji tidak akan mengulangi kesalahan saya di kemudian hari," tambahnya.

#Doa Berbuka Puasa #Doa