Aswad Syam
Aswad Syam

Sabtu, 11 April 2020 09:15

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah

Ini Kabar Gembira dari Gubernur Sulsel Bagi Anda yang Di-PHK atau Dirumahkan karena Covid-19

Ini berita gembira bagi warga yang di-PHK atau dirumahkan. Pemerintah Pusat akan memberikan insentif melalui kartu prakerja.

MAKASSAR, BUKAMATA - Perekonomian dunia, termasuk Indonesia, anjlok akibat pandemi Covid-19. Khusus di Sulawesi Selatan, tercatat sudah ada 165 perusahaan dengan 8.270 karyawan yang dirumahkan dan di-PHK.

Untuk itu, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menyampaikan kabar gembira khusus bagi karyawan yang dirumahkan atau terkena PHK. Menurutnya, pemerintah pusat akan memberikan insentif melalui Program Kartu Prakerja.

Pendaftaran Program Kartu Prakerja tersebut resmi mulai dibuka pada hari ini, Sabtu (11/4/2020). Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui website www.prakerja.go.id

Jika ada kendala, pendaftaran juga bisa diakses langsung melalui Dinas Tenaga Kerja kabupaten/kota dan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulsel.

"Saat ini Program Kartu Prakerja diprioritaskan bagi mereka yang terkena pemutusan kerja atau dirumahkan. Ini adalah program dari pemerintah pusat yang memberikan pelatihan online, insentif uang saku dan di akhir pelatihan akan mendapatkan sertifikat," kata Nurdin Abdullah.

Menurutnya, masyarakat yang sudah terdaftar dalam Program Kartu Prakerja tersebut akan mendapatkan pelatihan lengkap dengan insentif sebesar Rp3.550.000 dengan tiga kali tahapan pencairan.

"Mereka akan mendapatkan pelatihan online dengan fasilitas perorangan senilai Rp3.550.000 untuk empat bulan. Rinciannya, Rp1.000.000 untuk anggaran pelatihan, Rp2.400.000 (Rp600.000 perbulan selama empat bulan) untuk uang saku dan Rp150.000 untuk survei," jelas mantan bupati Bantaeng dua periode itu.

Kuota pendaftaran Program Kartu Prakerja untuk Sulsel sendiri tergolong cukup besar. Jumlahnya sebanyak 158.936 orang.

"Saya mengajak kepada semuanya untuk memanfaatkan kartu ini. Mohon disampaikan kepada saudara, kerabat dan kenalan yang membutuhkan," demikian Nurdin Abdullah.

Penulis : Rizal
#Kartu Pra Kerja #Nurdin Abdullah #Covid-19 #Cegah Corona