Wiwi
Wiwi

Selasa, 05 Maret 2024 10:30

Ramadan Sebentar Lagi, Ini Niat dan Tata Cara Puasa Qadha

Ramadan Sebentar Lagi, Ini Niat dan Tata Cara Puasa Qadha

Batas waktu meng-qadha puasa Ramadhan adalah sampai sebelum datang bulan Ramadhan berikutnya. Apabila telah lewat dari bulan Ramadhan yang berikutnya maka tetap wajib puasa dan membayar fidyah.

BUKAMATA - Niat puasa qadha Ramadhan menjadi pengawal sebelum muslim mengganti puasa di bulan Ramadhan. Khususnya, bagi mereka yang meninggalkan dengan alasan-alasan yang dibenarkan oleh syariat atau uzur tertentu.

Mengutip buku Panduan Terlengkap Ibadah Muslim Sehari-Hari karya KH. Muhammad Habibilillah, puasa qadha adalah puasa yang dikerjakan oleh seorang muslim untuk mengganti puasa wajib yang terlewat. Puasa tersebut menjadi batal karena alasan tertentu yang tidak disengaja.

Sesuai dengan syariat Islam, ada enam kondisi yang membolehkan seorang Muslim untuk membatalkan puasa wajib di bulan Ramadhan, yaitu:

Wanita yang sedang haid dan nifas

Bagi mereka yang tidak berpuasa di bulan Ramadhan dengan alasan-alasan yang dibenarkan oleh syariat, maka mereka harus melaksanakan puasa qadha Ramadhan untuk menggantinya di waktu yang lain.

Niat Puasa Qadha Ramadhan dan Artinya

puasa qadha Ramadhan adalah puasa yang dilakukan untuk mengganti puasa yang dilewatkan pada bulan Ramadhan. Dalam pelaksanaannya, puasa qadha harus disertai dengan niat yang ikhlas untuk beribadah dan menjalankan kewajiban kepada Allah SWT.

Niat puasa qadha Ramadhan bisa dilafalkan bagi seorang muslim yang ingin mengganti utang puasa yang terlewat di bulan puasa. Niat ini bisa dilafalkan pada malam hari atau saat sahur sebelum berkumandangnya adzan subuh.

Berikut ini adalah niat puasa qadha:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu soumaghadin 'an qadha'i fardhi syahri Ramadhana lillahi ta'ala.

Artinya: Aku niat untuk mengqadha puasa bulan Ramadhan esok hari karena Allah ta'ala.

Puasa qadha dapat dijalankan seperti puasa pada umumnya, dimulai sejak terbit fajar hingga terbenam matahari. Kemudian, seorang muslim dapat berbuka atau mengakhiri puasanya saat waktu maghrib tiba.

Berikut ini adalah tata cara puasa qadha yang dianjurkan:

Membaca niat puasa qadha Ramadhan di malam hari atau sebelum fajar terbit.

Makan sahur merupakan salah satu sunnah puasa untuk mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT. Makan sahur juga membantu kita akan lebih kuat dalam menjalankan ibadah puasa.

Menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan, seperti makan, minum, atau melakukan hubungan suami-istri. Hal ini dimulai sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Menyegerakan berbuka ketika matahari terbenam atau sudah memasuki waktu Maghrib.

Hukum Puasa Qadha Ramadhan

Hukum puasa qadha Ramadhan adalah wajib bagi setiap umat Islam yang batal puasanya pada bulan Ramadhan. Hal ini sesuai dengan firman Allah di surah Al-Baqarah ayat 184.

اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗوَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗ ۗوَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya: "(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan orang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

Batas Waktu Puasa Qadha Ramadhan

Dikutip dari buku 10 Formula Dasar Islam: Konsep dan Penerapannya oleh Gamar Al-Haddar, batas waktu meng-qadha puasa Ramadhan adalah sampai sebelum datang bulan Ramadhan berikutnya. Apabila telah lewat dari bulan Ramadhan yang berikutnya maka tetap wajib puasa dan membayar fidyah.

Puasa qadha wajib dilakukan sesuai dengan jumlah batalnya puasa di bulan Ramadhan. Misalnya, jika seorang muslim tidak berpuasa di bulan Ramadhan sebanyak 7 hari, maka dia wajib untuk menggantinya sebanyak 7 hari.

Wallahu a'lam.

#puasa qadha #Ramadan