Ririn
Ririn

Selasa, 04 Mei 2021 15:31

Daftar Kekayaan yang Dimiliki Bill dan Melinda Gates

Daftar Kekayaan yang Dimiliki Bill dan Melinda Gates

Aset keluarga Gates mencakup beberapa rumah di lima negara bagian, berbagai mobil termasuk Porsche senilai $2 juta yang langka, koleksi seni yang mencakup Da Vinci Codex senilai $30 juta yang dibeli Gates di lelang, dan beberapa jet pribadi.

BUKAMATA - Perceraian Bill dan Melinda Gates akan disusul dengan pembagian aset besar. Pasangan ini diperkirakan memiliki kekayaan $130 miliar, menjadikannya orang terkaya keempat di dunia, di belakang Jeff Bezos, Elon Musk, dan pemilik barang mewah Prancis Bernard Arnault.

Aset keluarga Gates mencakup beberapa rumah di lima negara bagian, berbagai mobil termasuk Porsche senilai $2 juta yang langka, koleksi seni yang mencakup Da Vinci Codex senilai $30 juta yang dibeli Gates di lelang, dan beberapa jet pribadi.

Keluarga Gates juga memiliki tanah pertanian di Amerika Serikat, dengan luas 242.000 hektar di 18 negara bagian yang berbeda.

Bill dan Melinda telah berjanji untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka sebelum mereka mati. Ketiga anak mereka juga akan diberikan masing-masing $10 juta, yang hanya sebagian kecil dari kekayaan orang tua mereka.

Namun, terlepas dari rencana itu, mereka tetap memiliki banyak aset yang perlu dibagi di antara mereka.

1. Xanadu 2.0 Mansion, Washington
Keluarga Gates memiliki banyak rumah mewah di seluruh AS, yaitu di Washington, Florida, California, dan Wyoming.

Yang utama adalah Xanadu 2.0 di Washington. Rumah besar seluas 66.000 kaki persegi ini menghadap ke Danau Washington di Medina, sembilan mil dari pusat kota Seattle - tempat The Gates Foundation berkantor pusat.

Gates membeli tanah itu pada tahun 1988 seharga $ 2 juta, tetapi menghabiskan tujuh tahun membangun rumah impiannya, dengan biaya $63 juta.

Rumah itu sekarang bernilai sekitar $125 juta.

Rumah Bill GatesRumah ini memiliki kolam renang dalam-luar ruangan dengan sistem musik bawah air dan desain fosil di lantai, ditambah jejak fosil kuno dari daun palem di belakang papan loncat.

Di petak seluas lima hektar, ada sungai buatan yang diisi dengan salmon dan ikan trout. Ada juga pantai dengan pasir yang diimpor dari Karibia.

Di dalam rumah terdapat tujuh kamar tidur, dengan 18 kamar mandi. Ada juga bioskop rumah art deco dengan tempat duduk untuk 20 orang, dan ruang makan besar untuk 24 orang.

Untuk pertemuan yang lebih besar, rumah itu memiliki aula resepsi seluas 2.300 kaki persegi dapat menampung 150 orang untuk makan malam, atau 200 untuk pesta koktail.

Ada juga perpustakaan seluas 2.100 kaki persegi, yang mencakup dua rak buku berputar rahasia, salah satunya berisi sebuah bar.

Di rumah itu pula lah Gates menyimpan buku catatan ilmiah yang disimpan oleh Leonardo da Vinci pada awal tahun 1500-an, yang disebut Codex. Gates membelinya di pelelangan pada tahun 1994 seharga $ 30 juta.

2. Rumah besar lainnya
Xanadu 2.0 bukan satu-satunya rumah hebat yang dimiliki Gates. Mereka juga memiliki rumah lain senilai $ 59 juta di Wellington, Florida.

Keluarga itu juga memiliki Irma Lake Lodge, sebuah peternakan Wyoming seluas 492 hektar yang awalnya dihuni oleh Buffalo Bill pada tahun 1902. Gates membeli properti itu pada 2009.

Di peternakan itu terdapat rumah utama seluas 15.000 kaki persegi dengan lima kamar tidur dan tiga kamar mandi.

Pasangan itu juga memiliki dua rumah di California - Rancho Paseana seluas 228 are, yang dia beli seharga $ 18 juta pada September 2014 dari ratu diet Jenny Craig.

Ini termasuk arena pacuan kuda, kebun buah, dan lima lumbung dengan ruang untuk 50 kuda.

Gates juga membeli properti $43 juta lainnya di California dekat San Diego. Rumah mewah itu memiliki enam kamar tidur, empat kamar mandi.

3. Tanah Pertanian
Selain lima rumahnya, Gates diam-diam membangun portofolio pertanian besar-besaran.

Dia sekarang adalah pemilik tanah pertanian terbesar di AS, dengan luas 242.000 hektar di 18 negara bagian yang berbeda.

4. Mobil
Bill Gates dikenal karena kecintaannya pada mobil. Rumahnya di Seattle memiliki garasi yang muat untuk 30 kendaraan.

Dia memberi tahu Ellen DeGeneres pada Februari 2018 bahwa pembelanjaan terbesarnya setelah mendirikan Microsoft adalah membeli supercar Porsche 911, yang kemudian dia jual.

"Itu adalah suatu kesenangan," kata Gates kepada DeGeneres.

Gates juga memiliki Porsche 930 Turbo, Jaguar XJ6, dan Ferrari 348.

Mobilnya yang paling berharga diyakini Porsche 959 yang sangat langka. Dia harus menunggu 13 tahun bisa memiliki kendaraan itu.

Pembelian mobil terakhir Gates adalah pada Februari 2020, berupa mobil listrik Porsche Taycan,

"Saya harus mengatakan ini adalah mobil dengan harga premium, tapi ini sangat, sangat keren," kata Gates, dalam sebuah wawancara di YouTube.

5. Jet Pribadi
Pada tahun 2019 Bill Gates mengatakan bahwa memiliki jet pribadi adalah kesenangan, tetapi membuat hidupnya lebih efisien.

Dia diyakini memiliki dua Gulfstream G650ER senilai $ 65 juta, dua Bombardier Challenger 350, sebuah pesawat amfibi Cessna, dan koleksi helikopter.

6. Karya Seni
Gates juga dikenal dengan koleksi seninya - yang paling terkenal adalah Codex Leonardo da Vinci, yang dia beli pada tahun 1994 seharga $30 juta di lelang Christie's di New York.

Itu dikenal sebagai Leicester Codex, karena pernah dimiliki oleh Earl of Leicester.

Codex merupakan buku catatan 36 lembar bersampul kulit, yang berisi campuran observasi dan teori Da Vinci tentang sifat-sifat air, batuan, dan fosil; udara, dan cahaya langit.

Koleksi seninya juga termasuk lukisan cat minyak bernama Lost On The Grand Banks, oleh Winslow Homer, yang dia beli seharga $36 juta pada tahun 1998.

Dia juga memiliki sebuah karya berjudul Polo Crowd, oleh George Bellows, yang dia beli seharga $28 juta pada tahun 1999.

Ada juga The Room of Flowers oleh Childe Hassam, yang dibeli Gates $20 juta,, serta The Nursery karya William Merritt Chase, senilai $ 10 juta.