Ririn
Ririn

Minggu, 04 April 2021 15:49

Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg

Nomor Telepon Mark Zuckerberg Termasuk Dalam Jutaan Data Facebook yang Bocor

Selain sang CEO, pendiri Facebook lainnya, Chris Hughes dan Dustin Moskovitz juga dilaporkan terpengaruh oleh kebocoran data

BUKAMATA - Nomor telepon CEO Facebook Mark Zuckerberg termasuk diantara data pribadi yang dibocorkan oleh para peretas pada hari Sabtu.

Menurut laporan Sputniknews, nomor telepon tersebut telah dicocokan dengan yang dimiliki Zuckerberg, dan ternyata sesuai.

Selain sang CEO, pendiri Facebook lainnya, Chris Hughes dan Dustin Moskovitz juga dilaporkan terpengaruh.

Lebih 533 juta data pengguna Facebook muncul di internet secara gratis pada hari Sabtu. Tapi sebelumnya, para peretas memperdagangkan informasi tersebut dengan sedikit biaya.

Facebook telah menepis laporan kebocoran tersebut, dengan mengatakan bahwa datanya sudah tua dan Facebook membahas eksploitasi tersebut pada Agustus 2019.

Kebocoran tersebut dilaporkan mempengaruhi lebih dari 32 juta pengguna di Amerika Serikat, lebih dari 11 juta di Inggris Raya, dan jutaan di lebih dari seratus negara lain.

Menurut Alon Gal, kepala teknis firma intelijen cyber Hudson Rock, yang mendeteksi kebocoran tersebut, informasi itu dapat digunakan oleh penipu untuk pencurian identitas atau penipuan phishing.

Facebook telah berjuang untuk mendapatkan kembali kepercayaan pengguna dalam beberapa tahun terakhir di tengah masalah privasi data.

Pada tahun 2018, terungkap bahwa Facebook telah mengekspos data pribadi sekitar 87 juta pengguna ke perusahaan analisis data Inggris, Cambridge Analytica, yang melanggar kepercayaan dan privasi penggunanya.

Penyelidikan oleh Kantor Komisaris Informasi Inggris menemukan Cambridge Analytica tidak bertindak secara ilegal, tetapi FTC mengeluarkan denda $5 miliar kepada Facebook pada 2019 atas penambangan data penggunanya untuk mendapatkan keuntungan.

#Facebook